KEBIJAKAN TENTANG PEKERJA ANAK

Defini “Pekerja anak” sebagaimana ditetapkan oleh konvensi International Labor Organization (ILO) adalah “kerja oleh anak-anak di bawah 12 tahun; kerja oleh anak-anak di bawah umur 15 tahun sehingga menghalangi kehadirannya di sekolah ; dan kerja oleh anak-anak di bawah umur 18 tahun yang berbahaya terhadap kesehatan fisik atau mental si anak”.

Mopoli Raya Group berupaya menciptakan suatu lingkungan kerja yang kondusif yang dicirikan dengan keadilan dan saling menghormati. Perusahaan tidak memberikan toleransi terhadap penggunaan tenaga kerja anak, juga tidak mengeksploitasi anak-anak di seluruh wilayah operasi dan fasilitasnya.

Dalam melakukan usaha bisnisnya, Mopoli Raya Group:

  1. Tidak akan memperkerjakan anak-anak yang termasuk dalam definisi ketentuan konvensi ILO, meskipun ada undang-undang atau peraturan negara maupun lokal/daerah yang memperbolehkannya.
  2. Akan mentaati semua peraturan perundang-undangan dan peraturan terkait pekerja anak yang berlaku, termasuk semua hal yang terkait dengan penggajian, jam kerja, lembur dan kondisi tempat kerja.
  3. Menentang segala bentuk eksploitasi anak-anak. Perusahaan tidak akan memberikan pekerjaan kepada anak-anak sebelum mereka mencapai umur yang diperbolehkan oleh hukum dan menyelesaikan pendidikan wajib, sesuai dengan ketetapan pemerintah ataupun ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Mengharapkan mitra bisnis dan lembaga yang bekerja sama dengan perusahaan untuk memiliki dan menerapkan standar yang sama dan mentaati peraturan hukum pemerintah di tempat beroperasi. Apabila Mopoli Raya Group mengetahui pelanggaran ini dan tidak ada upaya perbaikan, perusahaan akan mengambil tindakan serius, termasuk melakukan pemutusan hubungan kerja sama.

Adalah tanggung jawab manajemen setempat dan departemen SDM untuk menerapkan dan memastikan kepatuhan pada kebijakan ini di seluruh wilayah operasional Mopoli Raya Group dan fasilitasnya.